Selasa, 09 November 2010

spech syntesis

Speech Syntesis adalah proses di mana komunikasi verbal yang direplikasikan melalui perangkat buatan. Sebuah komputer yang mengkonversi text to speech merupakan salah satu jenis synthesizer pidato. Bentuk paling awal Speech Synthesis dilaksanakan melalui mesin yang dirancang untuk berfungsi seperti saluran suara manusia. Mesin berbicara diciptakan oleh Wolfgang von Kempelen pada tahun 1700-an. Dengan perangkat ini, speech(pidato) dihasilkan melalui dapur bawah, buluh bagpipe dan bel klarinet. Dapur bawah ini dirancang untuk bertindak seperti paru-paru, sedangkan glotis (daerah pita suara) diwakili melalui bagpipe (buluh). Bel klarinet menjabat sebagai mulut.
Pengoperasian perangkat benar-benar manual. Tangan kanan dikontrol serangkaian tuas sementara tangan kiri dimanipulasi bel klarinet (mulut). Ada juga pilihan memasukkan 'lubang hidung', untuk menghasilkan suara hidung. Selama kontrol dasar digunakan, mesin menerima aliran udara. aliran udara ini menentukan jenis suara yang akan dihasilkan.
Pada akhir 1800, Joseph Faber menciptakan sebuah mesin berbicara yang dapat menerima input melalui keyboard dan pedal. Mesin juga sangat kreatif. Ketika abad ke-20 tiba, inovasi dalam Speech Synthesis elektronik diperbolehkan untuk mengambil sisi yang berbeda. Walaupun premis meniru alat suara manusia masih sama, mesin awal abad ke-20 bisa menghasilkan suara yang lebih baik karena input lebih tepat. Namun, tidak sampai munculnya komputer yang ber speech synthesis bisa dipakai untuk di luar arena hiburan. Hal ini terutama karena pidato synthesizer dapat disimpan dalam perangkat lunak, bukan mesin yang terpisah. Selain itu, dengan komputer sebagai alat bantu, speech synthesis bisa mengambil bentuk yang berbeda menggunakan suara manusia sebagai sumber utama untuk suara.
Speech synthesis dikenal sebagai concatenative. Proses ini bekerja dengan menghubungkan berbagai rekaman suara manusia. Suara yang dihasilkan jauh lebih alami dan lebih enak didengar oleh telinga. Hal ini berbeda dengan program yang menggunakan sintesis artikulatoris, di mana bicara direplikasi melalui model komputerisasi pada saluran vokal.
speech synthesizer Komersial dapat menggunakan metode concatenative atau artikulatoris, namun keduanya dapat mencapai tujuan yang sama yaitu mampu memberikan orang kesempatan untuk mendengar teks. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana membaca tidak mungkin. Dalam dunia bisnis, situasi tersebut sangat umum, terutama untuk transaksi telepon. Tanpa teks-to-speech (TTS) alternatif, pemilik bisnis harus mengeluarkan uang untuk mempekerjakan tenaga layanan pelanggan bahkan lebih. solusi sintesis menghindari masalah ini, karena semuanya dilakukan oleh komputer, bukan manusia.
speech synthesis juga memainkan peran dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk orang yang tunarungu, kamus dan perangkat lain dapat membuat hal-hal mudah bagi orang yang memiliki kesulitan untuk melihat atau membaca.
Speech Synthesis bahkan dapat memberikan suara pada individu yang tidak dapat berbicara sama sekali. Steven Hawking, seorang ahli fisika terkenal, adalah contohnya. Sejak penyakit Lou Gehrig telah menjadikan dia bisu, Hawking menggunakan synthesizer suara untuk berkomunikasi dengan orang. Ada juga aplikasi TTS yang tersedia untuk membantu membantu orang-orang dengan berbagai kegiatan komputer. Untuk mendapatkan jenis aplikasi, kebanyakan pengguna akan harus membeli perangkat lunak terpisah atau patch download. Opsi yang terakhir ini biasanya gratis, tergantung pada sistem operasi atau program pengolah kata yang digunakan. Namun, jika seseorang memutuskan untuk membeli perangkat lunak terpisah, mereka bisa memiliki akses ke sistem yang lebih tinggi berkualitas. Contoh-contoh spesifik dapat dilihat melalui Alam Reader 7 dan Teks Aloud 2.



referensi :

http://www.wisegeek.com/what-is-speech-synthesis.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar